Tafsir Al Mishbah [Jumat, 12-07-2013]

(Setiap hari selama Ramadhan di Metro TV, 3.00 WIB)

Hari ini terlambat menyalakan internet dan cuma menonton separuh tayangan. Berikut yang bisa terangkum dari Al-Mishbah Surat Hud ayat (in syaa Allah) 15-24

Salah satu penonton di studio bertanya, “Apa yang menyebabkan amal-amal baik kita menjadi terhapus dan sia-sia?”

Beliau menjawab bahwa ada sejumlah hal yang menyebabkan kita merugi di akhirat nanti. Salah satunya seseorang yang mengiringi sedekahnya dengan kata-kata yang menyakiti hati si penerima. Allah menjadikan amalnya terhapus seperti debu yang menempel di batu, kemudian tersiram hujan deras. Licin tak bersisa.

Berikutnya Pak Quraish menyebutkan hal yang tampaknya remeh tapi sangat mendasar. Apa itu? Tidak ikhlas.
Bagaimana tidak ikhlas bisa menghapus kebaikan? Pak Quraish memberi contoh;

Jika saya bekerja di (katakanlah) Perusahaan A, bisakah saya meminta upah pada Perusahaan B? Begitu juga dengan Allah. Jika seseorang beramal bukan karena Allah, bagaimana bisa ia meminta ganjarannya pada Allah? Wajar kalau kemudian Allah menjadikannya bagai debu yang berterbangan, tak ada artinya. *Makjleb banget.

Pertanyaan berikutnya, dalam satu ayat dinyatakan bahwa mereka yang menghalangi jalan Allah dan menghendaki jalan itu menjadi bengkok adalah orang yang tidak percaya kepada hari akhir. Mengapa disebutkan tidak percaya kepada hari akhir dan bukannya tidak percaya kepada Allah?

Karena, jawab Pak Quraish, percaya atau tidak kepada hari akhir memberi pengaruh yang besar pada kegiatan dan perilaku seseorang saat ini. Bagaimana bisa begitu?

Contohnya kalau kita kenal dengan A dan yakin bahwa besok dia bisa memberi manfaat untuk kita ataupun membuat kita celaka, kira-kira apakah kita akan berlaku baik padanya? Tentu saja.
Namun jika kita kenal A hanya untuk hari ini dan tahu bahwa besok dia pasti pergi tanpa bisa mencelakakan atau memberi manfaat apa-apa, apakah kita akan memperlakukan dia sebaik-baiknya? Kebanyakan kita tidak akan peduli.

Begitu juga manusia.
Manusia yang menghalangi jalan Allah dikatakan tidak percaya hari akhir, karena ia tidak berpikir perbuatannya akan dibalas suatu saat nanti. Tetapi bagi yang percaya hari akhir, maka dia yakin perbuatan buruknya pasti dibalas. Jika tidak dibalas di dunia, dia akan dibalas di akhirat.
Orang yang percaya hari akhir itu memiliki harapan untuk mendapat balasan kebaikan, sekaligus rasa takut dibalas keburukan. Sedangkan orang yang tidak percaya hari akhir berpikir bahwa kehidupan hanya berlangsung sekarang, disini. Inilah yang membedakan perbuatan seseorang yang percaya pada hari akhir dengan yang tidak.

Kenabian Muhammad itu dapat dilihat dari tiga hal:

– kepribadiannya yang mulia

– mujizat terbesar yaitu al Quran

– berita kedatangannya yang tersebut dalam kitab-kitab terdahulu

Tuhan senang kalau kita meminta.
Al Kariim, yang termasuk dalam nama-nama indah Allah, salah satu aspeknya adalah “kecewa” kalau kita tak minta pada Allah. Karena itu mintalah kepadaNya. Banyak-banyakpun tak jadi soal bagi Allah.

Meminta itu terkadang ada yang diucapkan, terkadang hanya perilakunya yang menunjukkan. Analoginya pengemis. Jika ada orang yang bajunya lusuh duduk bersimpuh di trotoar, kita akan memberinya uang meskipun dia tidak meminta secara langsung. Mengapa? Karena sikapnya sudah menunjukkan kalau dia meminta.

Hadits: siapa yang hatinya disibukkan mengingat Allah, maka Allah akan memberikan yang lebih hebat dari yang dia harapkan.

Kesimpulan:

* Silahkan kumpulkan dunia sebanyak-banyaknya, tapi jangan lengah pada akhirat.

* Seseorang yang beramal tetapi tidak ikhlas, maka perbuatannya sia-sia. Boleh jadi dia dapat kebaikan, tapi hanya di dunia.

* Jangan kira orang yang kafir langsung buruk kehidupannya. Bisa jadi dia kaya raya dan mendapat banyak kenikmatan dunia. Mengapa Tuhan tetap memberinya kesenangan padahal dia durhaka? Pertama karena sifat kasih sayang Allah. Kedua, karena harta dunia itu tidak ada artinya di sisi Allah.

Advertisements

Have a word? Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s